Sunday, July 31, 2011

Membuat Efek Teks Melingkar pada CorelDraw


efek teks coreldrawIlmu Grafis Tutorial Coreldraw Membuat Efek Teks Tulisan Melingkar atau efek teks mengikuti path biasa dipakai untuk stempel, spanduk, dan karya desain lainnya. Melalui cara ini kita bisa mengubah style dan bentuk lekukan sesuai dengan jalur yang bisa kita ubah-ubah. Teks biasa hanya horizontal dan vertikal saja, pastinya kita ingin beda dan menarik.

Pada setiap tutorial teks efek kita akan diperkenalkan dengan cara membuat teks melingkar. Hal ini disebabkan efek tersebut banyak dipakai pada saat kita membuat karya desain grafis sebagai penerapan ilmu grafis yang kita miliki. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat teks, mengatur teks melalui path dan mengatur jarak serta proporsi teks agar emphasis tidak kacau. Ikuti langkah-langkah berikut :

Cara Membuat Efek Teks Melingkar pada CorelDraw

CARA 1
Langkah 1
Buat lingkaran dengan Ellipse Tool dengan cara klik CTRL + DRAG agar lingkaran berbentuk sempurna.
Langkah 2
Klik Text Tool dan arahkan mouse pointer ke garis lingkaran yang telah di buat sehingga mouse pointer berubah menyerupai gambar dibawah dan klik di garis tersebut. Ketikkan tulisan yang anda kehendaki, misalnya “Membuat Teks Melingkar pada CorelDraw”
efek teks melingkar coreldraw
CARA 2
Langkah 1
Buat garis menggunakan Bezier Tool dengan 3 kali kil dan drag. Ubah / edit node kurva melalui lengan-lengan kurva menggunakan Shape Tool jika masih belum sesuai dengan keinginan.
Langkah 2
Buat tulisan “Membuat Teks Melingkar pada CorelDraw” atau tulisan lainnya dengan Text Tool seperti biasa dilakukan. Kemudian pilih Menu Text > Fit To Path kemudian arahkan panah path pada garis yang sudah kita buat.
teks efek coreldraw membuat stempel
Mengedit Teks yang sudah melingkar
Untuk mengubah arah text melingkar gunakanlah Property Bars, Text on Curve/Object.
efek teks melingkar coreldraw membuat logo stempel
Penjelasan
1. Text Orientation : digunakan untuk mengubah jenis perputaran letak teks
2. Distance from path by horizontal : dipakai untuk memberi jarak antara teks dan garis path / lingkaran secara horizontal
3. Distance from path by vertical : dipakai untuk memberi jarak antara teks dan garis path / lingkaran secara vertikal
4. Mirror text horizontal : digunakan untuk efek kaca (membalik teks) secara horizontal
5. Mirror text vertical : digunakan untuk efek kaca (membalik teks) secara vertikal
6. Tick snapping : digunakan untuk mengatur jarak lekat teks dengan garis ketika akan dibuat mengikuti path
7. Font list : berisi tentang berbagai font yang ada pada windows font aktif
8. Formatting character : digunakan untuk mengatur format font secara terpisah. Untuk menggunakan modus ini, Anda wajib menyeleksi teks via Text Tool. Contoh, untuk mengubah jarak antar font biasa disebut kerning (M) dan sebagainya.
Langkah 3
Klik Menu Arrange dan klik Break Text Apart (CTRL +K) untuk memisahkan lingkaran dengan tulisan. Maksud dari break apart adalah memisahkan antara teks tulisan dengan garis bantuan / path, sehingga garis tidak lagi mempengaruhi bentuk teks yang sudah kita atur sebelumnya. Artinya garis bisa di hapus via delete atau diatur ulang.
Dengan cara ini kita bisa mendapatkan hasil seperti berikut

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes